10 Perubahan Besar Dunia yang Dilakukan oleh Google

1. Mengubah bahasa di seluruh dunia

Mulai dari istilah Google yang merujuk pada pencarian informasi di internet, hingga Gmail yang kerap diasosiasikan sebagai perintah untuk berkirim surat elektronik (surel), beragam kata yang umum ditemui di Google kini telah merasuki banyak bahasa di dunia. Seakan menjadi bahasa universal, istilah-istilah tersebut akan mudah dikenali dan dimengerti oleh banyak orang di dunia, tanpa melihat perbedaan bahasa.

2. Mengubah cara orang menggunakan surel

Gmail pertama kali diciptakan pada satu dekade yang lalu, dan langsung menjadi fenomena karena kemampuan penyimpanan datanya yang besar. Pengguna Gmail tidak lagi takut jika surel-surel penting terhapus akibat tergusur oleh deretan surel baru yang masuk, karena kapasitas Gmail terus diperbesar, dan bahkan kini telah tersinkronisasi dengan Google Drive, sistem komputasi awan andalan Google. Keuntungannya adalah para pengguna Gmail kini dapat menyimpan banyak jenis data dalam berbagai ukuran, dan inilah yang menyebabkan popularitasnya terus menempati posisi pertama sebagai surel terfavorit di seantero dunia.

3.  Mengubah cara netizen berkolaborasi

Merunut ke belakang, di tahun 2006 silam, Google mengakuisisi sebuah perusahaan prosesor word online bernama Writely naga poker. Sejak itu, Google pun terus bekreasi dengan menghadirkan kemudahan akses untuk banyak orang berkolaborasi secara virtual pada beragam jenis dokumen, baik untuk pekerjaan, hiburan, atau bahkan sebuah revolusi.

4. Mengubah cara pandang orang terhadap Anda

Berbeda dengan Facebook, Anda tidak akan mampu menghapus file-file yang berkaitan dengan diri Anda secara keseluruhan. Terlebih jika Anda adalah seorang publik figur, maka segala hal yang berkaitan dengan Anda akan terpublikasi secara luas tanpa mengenal baik atau buruk.