Inilah 3 Bus Wisata Menarik di Indonesia

Saat ini, semakin banyak kota-kota besar di Indonesia mulai melirik program city tour menggunakan bus sebagai salah satu atraksi wisata yang ditawarkan. Biasanya jenis bus yang digunakan dalam program city tour berupa bus tingkat. Hal menarik yang ditawarkan oleh bus city tour adalah kesempatan menikmati berbagai sudut kota yang menarik dalam satu waktu. Bahkan, di beberapa kota, bus city tour turut didampingi oleh pemandu yang aktif menceritakan setiap tempat unik yang dilewati. 

Menilik ke belakang, tren city tour di Indonesia bermula dari ide kreatif Joko Widodo ketika masih menjabat Walikota Kota Surakarta. Saat itu, tepatnya pada 2011, Jokowi berinisiatif menghadirkan Werkudara sebagai bus tingkat wisata yang beroperasi di kawasan Jalan Slamet Riyadi dan di sekitarnya yang dikenal sebagai nadi utama geliat Kota Surakarta. Terbukti, salah satu alasan yang mendasari meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Surakarta saat itu, selain wisata budaya dan kulinernya, adalah rasa penasaran terhadap bus wisata Werkudara.

1. Jakarta – Bus Jakarta Explorer

Jberbentuk bus tingkat, bus wisata ini merupakan persembahan Trans Jakarta yang hadir dalam empat tema berbeda dan dapat dinaiki secara gratis. Selain petugas pemandu wisata, Bus Jakarta Explorer juga dilengkapi fasilitas audio pemandu di berbagai sudut kabin sehingga seluruh penumpang bisa mendapatkan informasi secara jelas dari setiap lokasi penting yang dilewati.

2. Bogor – Bus Uncal

Bus medium berbentuk terbuka ini resmi diluncurkan oleh Walikota Bogor, Bima Arya Sugiarto, pada malam perayaan Tahun Baru 2017 kemarin. Bus wisata dengan kapasitas 25 kursi ini sementara baru beroperasi setiap Sabtu dan Minggu. Rute yang baru tersedia saat ini adalah rute memutar dari Taman Air Mancur di Jalan Sudirman hingga Kantor Walikota Bogor.

3. Bandung – Bandros

Nama bus wisata yang identik dengan penganan khas Sunda ini merupakan akronim dari Bandung Tour on Bus nagapokerqq. Pertama kali diluncurkan pada 2014 lalu, Bandros sempat vakum cukup lama pada 2015. Kini, Bandros beroperasi kembali namun tidak lagi menyediakan bangku penumpang di dek atas. Waktu tempuh rata-rata berwisata keliling kota Bandung dengan Bandros adalah selama 60 menit.