Meningkatkans Sistem Keamanan Komputer dengan 5 Cara

http://www.moncleroutletcheapmonclerjackets.com – Apa pentingnya menjaga atau meningkatkan keamanan pada sistem komputer serta laptop? Ada banyak sekali alasan. Namun yang paling utama, tentu saja agar data dan informasi yang tersimpan pada sistem laptop tidak akan dicuri oleh pihak lain. Terutama saat ini ketika isu pencurian data mengancam privasi para pengguna komputer.

Bila sebelumnya yang kita bahas adalah cara mengamankan data dan privasi ketika menggunakan internet, terutama dengan berhati-hati pada serangan virus. Maka kali ini kita akan berfokus pada apa yang bisa kamu lakukan untuk menjaga sistem komputer dari pencurian data serta informasi.

Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan dan meningkatkan keamanan pada sistem komputer. Daftarnya ada di bawah ini ya!

1. Incognito mode

Banyak ahli yang menyebut bahwa menggunakan incognito mode di browser sebenarnya sama sekali tak berguna. Ada dua pendapat berbeda mengenai berguna atau tidaknya incognito mode ini. Yang pertama, tak berguna bila niatan kamu untuk mengihindari intaian para hacker. Terutama bila ingin melindungi data dan informasi pribadi tentang apa yang kamu akses di internet. Tentu saja, tidak akan berguna.

Sedangkan menggunakan incognito mode bisa sangat berguna ketika kamu menggunakan koneksi jaringan umum atau terbuka. Juga berguna bila misalnya kamu menggunakan komputer publik.

Incognito mode hakikatnya berguna karena tidak menyimpan informasi apapun pada cache atau cookies di browser. Jadi memang cara ini sudah pasti bisa membantu menjaga keamanan dari sistem komputer kamu.

2. Antivirus

Ada beberapa keunggulan tersendiri dari antivirus. Salah satunya, bekerja untuk melindungi komputer dari serangan virus serta malware. Ya memang salah satu fungsi terbesar dan paling utama dari aplikasi ini mencegah masuknya virus serta malware ke dalam sistem komputer. Baca Juga Berita Bola 2017 di: http://megabola389.blogspot.com/

Karena itu, salah satu cara paling utama untuk melindungi dan menjaga sistem komputer adalah dengan memastikan kamu menggunakan antivirus yang tepat. Selain itu pastikan antivirus selalu bekerja dengan baik, dan sudah selalu terupdate.

Cara ini juga bisa membuat komputer aman dari berbagai serangan virus dan malware, serta memastikan virus serta malware yang ada di dalam sistem bisa diatasi tanpa menimbulkan masalah lebih jauh.

3. Sistem operasi dan software terupdate

Ketika perusahaan memberikan update pada sistem operasi dan software aplikasi, mereka biasanya menyertakan beberapa cara mengatasi masalah yang ada di sistem operasi tersebut. Termasuk juga, mengatasi adanya celah pada keamanan dan juga gap yang membuat virus serta malware lebih mudah masuk.

Karena itu, untuk mengatasi hal ini memang yang paling utaam adalah dengan memastikan sistem operasi yang kamu gunakan selalu sudah terupdate, dan juga semua software dan aplikasi yang ada di dalam sistem komputer.

Pastinya memastikan semua sistem operasi dan software ini terupdate tak akan sulit bukan?

4. Ganti password pada sistem secara berkala

Ingat dengan bagaimana kamu harus memasukan password ketika mengakses? Dan ketika kamu harus melakukan update atau perubahan pada sistem? Lakukan perubahan password tersebut secara berkala selama beberapa minggu atau bulan sekali. Ini pastinya memastikan bila tak ada orang lain atau bahkan hacker yang akan mengetahui password untuk masuk ke dalam sistem komputer kamu.

Sebaiknya mengubah password ini juga dilakukan pada aplikasi yang membutuhkan password, hingga pada sosial media serta akun yang kamu miliki. Tentunya, agar tak ada data serta informasi yang bocor kepada hacker.

5. Back up data

Terakhir, pastikan untuk selalu melakukan back up pada data-data yang kamu miliki. Semua data yang ada di komputer seharusnya memiliki back up atau cadangannya. Untungnya kali ini, backup data penting bisa dilakukan dengan menggunakan media penyimpanan digital seperti cloud storage misalnya.

Lalu bagaimana dengan backup sistem? Untuk cara ini, gunakan hard disk kosong dan lakukan back up sistem secara berkala. Gunanya tentu saja bila terjadi sesuatu pada komputer, kamu bukan hanya akan memiliki cadangan untuk file namun juga cadangan data pada sistem.